SEMARANG – Sebanyak 131 mahasiswa angkatan 2018 pada program Studi Sarjana Keperawatan Departemen Ilmu Keperawatan FK undip mengikuti acara ucap janji pada hari Kamis, 24 September 2021 lalu. Acara ini digelar secara daring dan luring di Ruang Serba Guna (RSG) FK Undip di Kampus Tembalang.

Ucap janji merupakan salah satu bentuk kepaniteraan klinik bagi para mahasiswa keperawatan yang akan mengikuti pembelajaran praktik klinik di rumah sakit yang pertama kali. Pada acara ini, mahasiswa mengucapkan janji dan komitmennya untuk mematuhi dan menjunjung tinggi peraturan dan pedoman selama pelaksanaan parktik. Acara ini juga menjadi salah satu media pembelajaran bagi mahasiswa untuk menghayati peran mereka sebagai calon perawat.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua Prodi Sarjana Keperawatan FK Undip – Agus Santoso, M.Kep dan Sekretaris Prodi Sarjana Keperawatan – Ns. Muhamad Rofií, M.Kep, perwakilan dosen, tenaga kependidikan dan perwakilan mahasiswa angkatan 2018.

Selain itu juga hadir narasumber dari Ikatan perawatan Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) wilayah Jawa Tengah, yakni Ns. Anita Mayasari, S.Kep, yang juga merupakan perawat kesehatan jiwa di RSJ dr. Amino Gondohutomo Semarang. Narasumber yang lain adalah Tyas Widi Rahayu, S.Kep, mahasiswa Prodi Profesi Ners Undip yang memaparkan pengalamannya selama praktik klinik di program sarjana dan profesi di Undip.

Acara yang diselenggarakan secara hybrid melibatkan sekitar 25 mahasiswa yang hadir secara langsung di lokasi acara dengan penerapan protokol kesehatan, sementara sisanya, yakni sejumlah 106, mengikuti acara melalui media zoom meeting dari tempat tinggal masing-masing. Pada akhir acara, juga dipaparkan berbagai ketentuan dan pedoman selama pelaksanaan praktik yang disampaikan oleh Ns. Niken Safitri D.K., S.Kep.,MSi.Med. [AN]