Semarang – Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang etika, etos, dan prolonged engagement dalam praktik perawatan holistik, Undip menyelenggarakan kuliah pakar pada Jumat, 8 September 2023 lalu.

Bertempat di Aula Lantai 5 Gedung Departemen Ilmu Keperawatan FK Undip Kampus Tembalang, kuliah pakar ini diikuti oleh 262 mahasiswa dari program Sarjana dan Magister Keperawatan.

Narasumber kuliah pakar adalah Dr. I Wayan Suardana, S.Kep., Ns., M.Kep., dosen dan praktisi dari Poltekkes Kemenkes Denpasar, Bali. Pengalaman dan keahlian narasumber yang luas diharapkan dapat membawa wawasan berharga bagi para peserta.

Acara dimulai dengan sambutan pembukaan oleh Dr. Anggorowati, S.Kp., M.Kep., Ns.Sp.Kep.Mat., selaku Ketua Departemen Ilmu Keperawatan. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa kuliah pakar ini merupakan salah satu upaya program studi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam menciptakan lulusan yang unggul dan kompetitif. Pemahaman tentang etik, etos, dan prolonged engagement dalam praktik perawatan holistik menjadi sangat penting bagi mahasiswa sebagai calon perawat profesional.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dan diskusi dari narasumber yang dipandu langsung oleh dosen keperawatan kritis, Ibu Suhartini, MNS., Ph.D. Para mahasiswa tampak bersemangat mengukuti kegiatan dan berpartisipasi aktif dalam diskusi dan berinteraksi dengan pembicara.

Komitmen Undip dalam membentuk budaya praktik keperawatan yang etis dan holistik sangat terasa dalam acara ini. Kuliah ini memberikan kesempatan unik bagi mahasiswa untuk menjelajahi aspek-aspek mendasar praktik mandiri dan mendorong mereka untuk merangkul nilai-nilai etika dan etos dalam karir mereka sebagai perawat di masa depan. [AN]